Pengaruh Ketrampilan Bahasa Asing terhadap Kelancaran Operasional di Food and Beverage Product Hyatt Regency Yogyakarta

Nuharani Erningdyah Kurniyati, Emanuel Adit

Abstract


Pariwisata merupakan indrutri global, yang mempertemukan berbagai macam suku bangsa dalam operasionalnya. Sehingga, keterampilan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi salah satu modal utama untuk dapat eksis dalam industri ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecakapan berbahasa Inggris karyawan food and beverage product kitchen Hyatt Regency Yogyakarta ketika melaksanakan pekerjaannya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan kuisioner sebagai metode pengumpulan datanya.Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sensus atau sampling jenuh yaitu semua populasi,seluruh staff Food and Beverage Product Department Kemangi Bistro Hotel Hyatt Regency Yogyakartayang berjumlah 10 orang menjadi sample.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F_hitung yaitu 34,135 sedangkan nilai F_tabel yaitu 4,53. Nilai F_hitung 34,135 >F_tabel 4,53, dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 artinya bahwa kecakapan berbahasa Inggris (kemampuan menulis, kemampuan berbicra, kemampuan membaca, kemampuan mendengarkan) berpengaruh terhadap kelancaran operasional Food And Beverage Product Kitchen Hyatt Regency Yogyakarta. Diketahui Hasil koefisiensi determinasi atau R Square sebesar 0,965 atau 96,5%. Hal ini berarti variabel yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kelancaran Operasional sebesar 96,5%. Sedangkan sisanya 3,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.

Keywords


Keterampilan berbahasa inggris, kelancaran operasional

References


Bartono, P. H., & Ruffino, E. M. (2006). Dasar-dasar Food Product Panduan untuk Uji Kompetensi. Yogyakarta: Anim Offset.

Bartono, P. H., & Ruffino, E. M. (2010). Teknik Supervisi & Uji Kompetensi untuk Pendidikan Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi.

Keraf, G. (1997). Fungsi Bahasa sebagai Alat komunikasi Alat Komunikasi. Jurnal Studi Bahasa dan Komunikasi, 2(1).

Halliday, M. A. K., & Hasan, R. (1989). Language, Context, and Text: Aspects of Language in a Social-Semiotic Perspective.

Ngalimun, S., & Pd, M. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo

Ngalimun, F. (n.d.). M., & Salabi, A. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran.

Rachman, A. (2010). Pengaruh pelaksanaan servive quality terhadap tingkat kepuasan konsumen: studi kasus pada hotel mustika Tuban

Rahardi, R. K. (2001). Renik-renik Peradaban. Duta Wacana University Press.

Siahaan, S. (2008). Issues in Linguistics. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sulastiyono, A. (2011). Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., & Ibrahim, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuharani Nuharani, Emanuel Adit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.